Wednesday 11th December 2019

5 Kebiasaan Buruk Ini Merusak Ponselmu Secara Perlahan

Ayokbaca.com – Saat ini, ponsel menjadi usang hanya beberapa bulan. Selalu ada ponsel terbaru yang dirilis.

Jika Anda tipe yang menggunakan ponsel dengan awet, perhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membuatnya rusak. Berikut ini di antaranya seperti dilansir dari PCMag.

1. Menggunakan kabel cas murah

Kebiasaan yang dapat merusak ponsel Anda yang paling utama adalah menggunakan kabel cas murah. Tidak berarti Anda harus menggunakan kabel cas ternama, akan tetapi bukan pilihan bijak pula menggunakan kabel cas amat murah yang bisa dibeli di online shop.

Kebanyakan kabel-kabel murah itu dapat merusak ponsel Anda. Korslet karena penggunaan kabel yang murah juga bukan tidak mungkin terjadi. Karena itu, belilah kabel cas dari merek terpercaya.

Bila Anda telah memiliki kabel dengan kualitas yang baik, perlakukan pula dengan baik. Setop menggulung kabel secara sembarangan atau menegangkannya terlalu keras saat dicas. Ini hanya akan berujung pada baterai ponsel yang rusak.

2. Tidak menggunakan pelindung ponsel

Menggunakan ponsel tanpa pelindung terlihat indah, tapi Anda tentu tidak ingin menanggung risiko dari kerusakan akibat ponsel jatuh, bukan? Pelindung ponsel di sini tidak hanya pelindung bagian belakang ponsel tetapi juga pelindung layarnya.

Penggunaan pelindung ponsel dan layarnya akan membuat ponsel lebih awet dan terjaga. Terlebih bila Anda merupakan seseorang yang kikuk dan sering menjatuhkan barang.

3. Menggunakan ponsel hingga baterainya benar-benar habis

Baterai ponsel memiliki usia pemakaian. Setelah dipakai beberapa tahun, kualitas baterai tidak akan seperti saat Anda membelinya pertama kali.

Kebiasaan buruk menggunakan ponsel hingga baterainya benar-benar habis akan membuat umur baterai berkurang. Paling tidak, ubah kebiasaan menjadi mengecas ponsel saat baterainya di atas 30 persen.

4. Menggunakan ponsel di dalam air

Beberapa ponsel diklaim kedap air. Perangkat tertentu mungkin lebih tahan air daripada yang lain, tapi selalu ada kemungkinan air menemukan jalan masuknya.

Semakin Anda mengekspos perangkat Anda ke air, semakin Anda menurunkan ketahanannya. Jadi, bahkan bila ponsel Anda diberi perangkat IP67 atau IP68 yang menunjukkan tingkat ketahanan air yang tinggi, jangan terlalu sering menggunakannya di dalam air.

5. Tidak mempraktikkan keamanan ponsel

Terlalu banyak orang yang menganggap remeh perihal keamanan ponsel. Contohnya, pembaruan perangkat lunak. Meski tampak tidak mendesak, tapi pembaruan yang disediakan oleh perangkat Anda sejatinya dapat melindungi ponsel dari malware dan masalah serius lainnya.

Jangan menundanya. Perbarui aplikasi juga karena seringkali pembaruan tersebut memperbaiki bug dan keamanan yang membuatnya tetap aman.

Selain itu, berhati-hatilah dengan aplikasi yang Anda install. Jika Anda menggunakan aplikasi bajakan untuk berhemat, ini tidak sebanding dengan risiko malware di ponsel Anda.

No Responses

Leave a Reply